Gigi Berlubang

Gigi Berlubang di Denpasar Bali

Gigi berlubang adalah area gigi yang rusak secara permanen di permukaan keras gigi Anda yang berkembang menjadi lubang kecil. Gigi berlubang, juga disebut kerusakan gigi atau karies, disebabkan oleh kombinasi faktor, termasuk bakteri di mulut Anda, sering ngemil, minum minuman manis dan tidak membersihkan gigi dengan baik. Gigi berlubang dan kerusakan gigi adalah salah satu masalah kesehatan paling umum di dunia. Mereka sangat umum pada anak-anak, remaja dan orang dewasa yang lebih tua. Namun siapa saja yang memiliki gigi bisa mengalami gigi berlubang, termasuk bayi.

Jika gigi berlubang tidak dirawat, gigi berlubang akan menjadi lebih besar dan mempengaruhi lapisan gigi yang lebih dalam. Mereka dapat menyebabkan sakit gigi yang parah, infeksi dan kehilangan gigi. Kunjungan gigi secara teratur dan kebiasaan menyikat gigi dan flossing yang baik adalah perlindungan terbaik Anda terhadap gigi berlubang dan kerusakan gigi.

Apa Saja Tanda-tanda Gigi Berlubang?

Kerusakan gigi pada permukaan email luar biasanya tidak menimbulkan rasa sakit atau gejala. Anda lebih mungkin mengalami gejala saat pembusukan berkembang ke dentin dan akar. Tanda-tanda gigi berlubang antara lain:

  • Bau mulut atau rasa tidak enak di mulut.
  • Gusi berdarah atau tanda penyakit gusi lainnya.
  • Pembengkakan wajah.
  • Sakit gigi atau sakit mulut.
  • Sensitivitas gigi terhadap makanan atau minuman panas atau dingin.
  • Kemerahan di sekitar atau di dalam mulut.

Bagaimana Perawatan Gigi Berlubang?

Perawatan tergantung pada tingkat keparahan kerusakan gigi. Perawatan gigi berlubang meliputi:

  • Fluoride: Ketika pembusukan diketahui lebih awal, perawatan fluoride dapat memperbaiki email gigi. Proses ini disebut remineralisasi. Anda mungkin memerlukan pasta gigi resep dan obat kumur, serta perawatan fluoride di klinik gigi.
  • Tambal gigi: Setelah lubang terbentuk di gigi, dokter gigi mengebor bagian yang membusuk dan mengisi lubang tersebut. Tambalan gigi terbuat dari resin komposit yang sewarna gigi.
  • Perawatan Saluran akar: Saluran akar mengobati rasa sakit akibat pembusukan akar. Selama perawatan saluran akar, dokter gigi menghilangkan jaringan pulpa yang mengandung saraf yang menyebabkan rasa sakit.
  • Pencabutan gigi: Jika saluran akar tidak memungkinkan, dokter gigi Anda dapat mencabut (menarik) gigi. Anda mungkin memerlukan implan gigi untuk menggantikan gigi permanen yang dicabut. Implan mencegah gigi bergeser dan mengubah penampilan dan gigitan Anda.

Bagaimana Cara Mencegah Gigi Berlubang?

Anda dapat membantu mencegah kerusakan gigi dengan mengikuti tips berikut:

  • Sikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride.
  • Bersihkan sela-sela gigi Anda setiap hari dengan benang atau sikat gigi interdental.
  • Makan makanan bergizi dan seimbang dan batasi ngemil.
  • Tanyakan kepada dokter gigi Anda tentang penggunaan fluoride tambahan, yang memperkuat gigi Anda, dan tentang penggunaan sealant gigi (lapisan pelindung plastik) yang diaplikasikan pada permukaan mengunyah gigi belakang (tempat pembusukan sering dimulai) untuk melindunginya dari pembusukan.
  • Kunjungi dokter gigi Anda secara teratur untuk pembersihan profesional dan pemeriksaan mulut.

Kapan Harus ke Dokter Gigi?

Jika kerusakan gigi masih dalam tahap awal, Anda mungkin tidak mengalami gejala apa pun. Inilah sebabnya mengapa kunjungan rutin ke dokter gigi Anda penting. Dokter gigi Anda dapat membantu mengidentifikasi dan mengatasi tahap awal kerusakan gigi sebelum memburuk.

Buat janji dengan dokter gigi Nicholas Vallerian jika Anda mengalami sensitivitas gigi, sakit gigi, atau bengkak di dalam atau di sekitar mulut Anda. Ini mungkin merupakan tanda-tanda tahap selanjutnya dari kerusakan gigi atau kondisi gigi lain yang perlu diperhatikan.

Jadwalkan Janji Temu
Untuk bertemu dengan Dokter Gigi Nicholas Vallerian dan konsultasi lebih lanjut tentang pilihan perawatan Anda, Anda bisa menghubungi klinik kami di Denpasar, Bali di Whatsapp kami atau klik Link dibawah ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *