Mengapa Nafas Saya Bau? Inilah Cara Menghilangkan Bau Mulut

bau mulut

Kebanyakan orang akan memperhatikan bahwa napas mereka berbau agak aneh dari waktu ke waktu, terutama di pagi hari. Namun, beberapa dari orang-orang ini akan menemukan bahwa bau mulut tampaknya menjadi masalah sepanjang waktu. Faktanya, ini sangat umum, dan diperkirakan hampir 60 juta orang di AS hidup dengan bau mulut kronis, juga dikenal sebagai halitosis. Ini mungkin sering menyebabkan mereka menjadi sadar diri atau bahkan malu karena terlalu dekat dengan orang-orang di sekitar mereka. Untungnya, kami memiliki informasi tentang cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya.

Apa Itu Bau Mulut?

Bau mulut atau Halitosis merupakan masalah kesehatan mulut yang mempengaruhi bau mulut yang keluar dari mulut seseorang. Ini dapat terjadi pada usia atau waktu berapa pun, tetapi cenderung lebih buruk di pagi hari. Ada banyak kemungkinan penyebab bau mulut. Memahami apa yang menyebabkan bau mulut Anda biasanya merupakan langkah pertama dan paling berhasil dalam mengatasi masalah tersebut.

Apa Penyebab Bau Mulut?

Ada banyak hal berbeda yang dapat menyebabkan seseorang memiliki bau mulut. Berikut adalah beberapa penyebab paling umum dari halitosis.

  • Kebersihan mulut yang buruk

Penyebab paling umum dari bau mulut dianggap kebersihan mulut yang buruk. Ini karena tidak menyikat gigi setiap hari dan tidak mengunjungi dokter gigi dapat membuat plak menumpuk di gigi dan gusi Anda. Plak mengandung jutaan bakteri banyak di antaranya melawan asam amino dalam makanan untuk menghasilkan senyawa bau. Partikel makanan yang tertinggal di mulut dan tersangkut di antara gigi dan/atau gusi juga dapat membusuk sehingga menimbulkan bau dan rasa yang tidak sedap.

  • Makan Makanan Tertentu

Beberapa makanan yang kita nikmati secara alami memiliki bau yang menyengat. Ketika kita memakannya, mereka diserap ke dalam tubuh dan aliran darah di mana mereka dapat terus mengeluarkan bau yang kuat yang dapat mempengaruhi napas Anda dan bahkan keringat Anda sampai benar-benar dicerna. Bawang putih dan bawang bombay adalah dua makanan penyebab bau badan yang paling terkenal.

  • Penyakit gusi

Juga dikenal sebagai penyakit periodontal, penyakit gusi jauh lebih mungkin terjadi jika Anda memiliki kebersihan mulut yang buruk. Ini terjadi ketika plak menyebar ke gusi yang menyebabkan iritasi, infeksi, kemerahan dan pembengkakan. Akhirnya, itu dapat menyebabkan resesi gusi dan bahkan kehilangan gigi jika tidak segera diobati. Namun, bau mulut adalah salah satu gejala utama penyakit gusi dan indikator bahwa Anda harus membuat janji dengan dokter gigi sesegera mungkin.

  • Mulut kering

Banyak orang menderita kondisi yang disebut mulut kering atau xerostomia. Itu terjadi ketika mereka tidak menghasilkan cukup air liur yang penting untuk membantu menghilangkan sisa makanan yang tertinggal di mulut setelah makan. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa obat-obatan, gangguan kelenjar ludah atau hanya dengan bernapas melalui mulut.

Kondisi Kesehatan Tertentu

Bau mulut adalah gejala umum dari berbagai masalah kesehatan termasuk namun tidak terbatas pada:

  • Diabetes
  • Penyakit hati/ginjal
  • Gangguan gastrointestinal
  • Refluks asam kronis
  • Infeksi saluran pernapasan seperti sinusitis kronis

Apa Gejala Bau Nafas?

Tidak mengherankan, gejala bau mulut yang paling umum adalah bau busuk yang keluar dari mulut Anda. Namun, itu bukan satu-satunya tanda halitosis. Gejala lain yang terkait dengan kondisi ini meliputi:

  • Lapisan putih pada lidah yang mungkin tampak sangat tebal di bagian belakang.
  • Air liur yang kental dan perasaan terus-menerus seperti Anda perlu membersihkan tenggorokan.
  • Rasa asam, pahit, atau logam yang menetap di mulut Anda.
  • Penumpukan plak di sekitar gigi dekat garis gusi.
  • Postnasal drip yang terasa seperti cairan mengalir ke tenggorokan Anda.

Jika Anda melihat salah satu dari gejala ini, disarankan untuk membuat janji dengan dokter gigi Anda sesegera mungkin. Melihat seorang profesional gigi mungkin tidak hanya meningkatkan bau napas Anda, tetapi juga dapat menangkap kondisi mendasar yang memerlukan perawatan segera.

6 Tips Menghilangkan Bau Mulut

Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu hidup dengan bau mulut lebih lama lagi. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan masalah ini dan mendapatkan napas bebas bau atau bau segar sekali lagi. Mari kita lihat cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya.

Sikat gigi

Kebersihan mulut yang baik sangat penting untuk mengobati bau mulut, dan ini dimulai dengan menyikat gigi setidaknya dua kali setiap hari – sekali di pagi hari dan sekali sebelum tidur. Gunakan sikat gigi berbulu lembut sedang dan pasta gigi berfluoride. Saat menyikat gigi, perhatikan baik-baik tempat pertemuan gigi dengan gusi karena di sinilah plak dapat menumpuk dan menyebar ke gusi sehingga menyebabkan penyakit gusi.

Luangkan Waktu untuk Floss Gigi

Flossing gigi dengan benang gigi sangat penting untuk menghilangkan partikel kecil makanan dan plak yang bisa tersangkut di celah-celah kecil di antara gigi yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi. Floss setidaknya sekali setiap hari menggunakan jenis benang gigi pilihan Anda apakah itu pita tradisional, sikat interdental, atau bahkan flosser air.

Hindari Makanan Dengan Bau Yang Kuat

Salah satu cara termudah untuk menjaga bau napas Anda tetap netral adalah dengan menghindari makanan dan minuman dengan bau yang kuat. Contohnya termasuk bawang merah, bawang putih, tuna, kopi, minuman asam seperti jus jeruk dan alkohol bersoda.

Jangan Gunakan Tembakau

Semua jenis tembakau dapat menyebabkan halitosis. Ini juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Gunakan Permen Karet Di Antara Waktu Makan atau Setelah Camilan

Mengunyah permen karet tidak hanya memiliki rasa dan aroma segar yang dapat meningkatkan bau napas Anda, tetapi juga merangsang produksi air liur. Ini dapat mengatasi mulut kering dan membantu membersihkan partikel makanan kecil dan plak yang mungkin menempel di gigi Anda. Minum segelas air dengan makanan Anda juga akan memiliki efek yang sama. Penting untuk mengunyah permen karet bebas gula untuk efek positif. Sebagian besar permen karet bebas gula mengandung xylitol yang memiliki manfaat tambahan untuk membantu mencegah gigi berlubang.

Kunjungi Dokter Gigi Secara Teratur

Dokter gigi Nicholas Vallerian akan dapat memantau kesehatan mulut Anda dan memberi tahu Anda jika ada hal lain yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki bau napas Anda. Kebanyakan pasien juga dianjurkan untuk melakukan bersihkan karang gigi profesional setidaknya dua kali setiap tahun. Di sinilah dokter gigi atau ahli kesehatan Anda akan menggunakan keahlian, pengalaman, dan peralatan ahli mereka untuk memberikan scaling gigi dan mulut yang lebih baik. Hanya pembersihan karang gigi profesional yang dapat menghilangkan karang gigi (plak yang mengeras) yang juga dapat menyebabkan bau mulut.

Untuk bertemu dengan Dokter Gigi Nicholas Vallerian dan konsultasi lebih lanjut tentang pilihan perawatan Anda, Anda bisa menghubungi klinik kami di Denpasar, Bali di Whatsapp kami atau klik Link dibawah ini.