Perawatan Saluran Akar: Gejala, Pengobatan dan Pencegahan

Perawatan Saluran Akar Gigi

Kalimat “Anda membutuhkan perawatan saluran akar” telah menimbulkan ketakutan di hati pasien gigi selama bertahun-tahun. Perawatan saluran akar akan menghentikan rasa sakit sakit gigi Anda, dan dapat menyelamatkan gigi Anda dari kebutuhan untuk cabut gigi. Kebanyakan pasien gigi terkejut mengetahui bahwa perawtan saluran akar tidak menyakitkan. Dengan teknologi saat ini, perawatan saluran akar tidak lebih buruk daripada mendapatkan tambal gigi biasa.

Apa itu Perawatan Saluran Akar?

Perawatan saluran akar gigi adalah prosedur perawatan gigi untuk mengobati infeksi pada akar gigi atau saraf gigi. Bagi kebanyakan orang, rasa sakit dari akar gigi yang terinfeksi sangat menyiksa, dan saluran akar akan menghilangkan rasa sakit ini dengan menghilangkan pulpa gigi yang terinfeksi. Dokter gigi Anda melakukan ini dengan mengebor lubang kecil di gigi Anda, sehingga mereka dapat menghilangkan bahan yang terinfeksi bersama dengan bakteri apa pun yang mungkin ada.

Setelah dokter gigi Anda membersihkan saluran akar, mereka akan menyiram area tersebut dengan larutan antibiotik dan mengisinya untuk membantu mencegah infeksi kembali. Kebanyakan orang akan membutuhkan mahkota gigi karena prosedur ini membuat struktur gigi yang tersisa menjadi rapuh. Gigi mahkota Anda akan terlihat dan berfungsi normal.

Bagaimana Anda Tahu Jika Anda Membutuhkan Perawatan Saluran Akar?

Jika Anda sakit gigi, ini kemungkinan berarti ada infeksi pada akar gigi Anda yang memerlukan perawatan saluran akar. Tanda lain bahwa ada sesuatu yang salah adalah ketika Anda tiba-tiba mulai mengalami rasa sensitif terhadap cairan panas atau dingin. Jika Anda memiliki gusi bengkak atau bintik putih pada gusi Anda, ini juga bisa menjadi indikator masalah saluran akar yang Anda alami.

Gejala Umum Infeksi Saluran Akar

Satu-satunya cara untuk memastikan bahwa Anda memerlukan saluran akar adalah dengan mengunjungi dokter gigi untuk diagnosis. Namun, ada beberapa gejala saluran akar yang mungkin Anda perhatikan sendiri. Jika Anda mengalami salah satu dari gejala saluran akar ini, Anda harus mengunjungi dokter gigi Denpasar sesegera mungkin. Semakin cepat Anda menemui dokter gigi dan mendapatkan perawatan, semakin baik peluang keberhasilan saluran akar yang akan menyelamatkan gigi Anda.

  • Nyeri yang Terus-Menerus

Sakit gigi tidak pernah normal. Jika gigi Anda sakit dengan rasa sakit yang semakin parah dari waktu ke waktu, ini bisa berarti Anda memiliki infeksi pada akar gigi Anda.

  • Tambalan Besar Yang Mulai Rusak

Tidak jarang ada tambalan di geraham besar di bagian belakang mulut. Seiring waktu, tambalan bisa rusak dan retak. Jika bakteri merembes ke dalam, ini dapat menyebabkan infeksi. Jika Anda memiliki tambalan yang besar, kemungkinan sebagian besar gigi telah dicabut untuk memberi ruang bagi tambalan tersebut. Jadi, seringkali struktur gigi tidak cukup untuk menggantikan tambalan. Dalam hal ini, perawatan saluran akar gigi menjadi perlu.

  • Retak Atau Keripik Yang Berkembang

Bahkan gigi yang tidak ditambal pun berisiko mengalami trauma lain yang dapat menyebabkan gigi menjadi retak atau patah. Ketika ini menyebabkan kerusakan parah, ini mungkin berarti diperlukan perawatan saluran akar.

  • Gigi yang Berubah Warna

Akar gigi yang terinfeksi dapat menyebabkan gigi berubah warna, sehingga gigi tampak hitam keabu-abuan. Mungkin ada penyebab lain dari perubahan warna gigi, tetapi selalu merupakan ide yang baik untuk menemui dokter gigi Anda jika gigi berubah warna.

Pertanyaan yang Sering Diajukan Perawatan Saluran Akar

Bisakah Anda mencegah kebutuhan saluran akar?

Ya. Seperti kebanyakan kondisi kesehatan gigi, infeksi saluran akar dapat dihindari dengan perawatan dan kebersihan gigi yang tepat. Gigi berlubang di tambal sesegera mungkin, benang gigi setiap hari, gunakan pelindung mulut jika Anda menggertakkan gigi dan mengunjungi dokter gigi secara teratur.

Bagaimana jika Anda tidak perawatan saluran akar?

Jika tidak diobati, infeksi bakteri pada gigi bisa bertambah parah, dan Anda mungkin harus mencabut gigi. Yang lebih mengkhawatirkan adalah bahwa infeksi dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh, memiliki konsekuensi serius.

Berapa kali kunjungan ke dokter gigi yang dilakukan perawatan saluran akar?

Dalam kebanyakan kasus, perawatan ini hanya membutuhkan satu sampai tiga kali pertemuan dengan dokter gigi. Prosedur itu sendiri akan selesai dalam satu janji temu, tetapi Anda mungkin perlu kembali ke dokter gigi untuk kedua kalinya untuk mendapatkan crown gigi. Hampir setiap orang yang mendapatkan saluran akar akan membutuhkan crown gigi karena menghilangkan pulpa gigi membuat gigi rapuh. Mahkota akan memperkuat struktur gigi.

Apakah Perawatan Saluran Akar Gigi Sakit?

Banyak orang mengasosiasikan sakit gigi dengan prosedur perawatan saluran akar. Pada kenyataannya, saluran akar menghilangkan rasa sakit itu. Prosedur saluran akar hampir tidak menimbulkan sakit gigi karena dokter gigi Anda akan membuat area tersebut mati rasa sebelum memulai perawatan.

Gejala apa yang tidak normal setelah perawatan saluran akar?

Tidak normal jika Anda merasakan sakit atau tekanan yang parah, pembengkakan yang ekstrem atau gigitan yang tidak rata setelah saluran akar. Anda harus segera menghubungi dokter gigi Anda.

Berapa lama Anda akan merasakan sakit setelah perawatan saluran akar?

Anda seharusnya tidak merasakan banyak rasa sakit setelah perawatan, selain ketidaknyamanan ringan, yang akan hilang setelah beberapa hari. Jika Anda terus merasakan sakit atau gejala lainnya, segera hubungi dokter gigi Anda.

Seberapa cepat Anda bisa makan setelah perawatan saluran akar?

Anda harus bisa makan segera setelah mati rasa hilang. Anda harus tetap berpegang pada makanan yang lembut dan mudah dikunyah dan menghindari makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin selama satu atau dua hari setelah perawatan.

Jadwalkan Janji Temu
Untuk bertemu dengan Dokter Gigi Nicholas Vallerian dan konsultasi lebih lanjut tentang pilihan perawatan Anda, Anda bisa menghubungi klinik kami di Denpasar, Bali di Whatsapp kami atau klik Link dibawah ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *