Mengalami Sakit Gigi? Ini Penyebabnya

Sakit Gigi

Sakit gigi mempengaruhi sebagian besar dari kehidupan kita. Jika kita beruntung, sakit itu akan menjadi ringan, berumur pendek dan akan berkurang dengan minum obat pereda nyeri. Namun, beberapa orang menderita sakit gigi kronis yang cukup parah untuk mempengaruhi kualitas hidup mereka sehari-hari. Ada banyak hal berbeda yang dapat menyebabkan gigi kita mengalami sakit dan untungnya, berbagai cara dapat kita hindari. Berikut adalah penyebab kerusakan gigi yang menyebabkan sakit dan cara menghentikannya.

Penyebab Umum Sakit Gigi

Ada sejumlah masalah mulut yang bisa membuat gigi Anda sakit. Untuk dapat berhasil mengobati sakit gigi Anda dan mencegah masalah lebih lanjut yang mengakibatkan gigi Anda bermasalah, Anda harus terlebih dahulu memahami apa penyebabnya. Berikut adalah beberapa alasan paling umum mengapa Anda mungkin mengalami sakit gigi.

Gigi Berlubang

Gigi berlubang adalah satu-satunya penyebab paling umum dari sakit gigi. Ada berbagai jenis pembusukan gigi yang dapat terjadi ketika menyikat gigi dan flossing yang tidak tepat memungkinkan bakteri dan gula gigi menciptakan asam plak. Rongga terbentuk ketika asam plak merusak enamel luar gigi, menembus lapisan sensitif di bawah gigi yang disebut dentin. Hal ini menyebabkan rasa sakit. Jika bakteri menembus gigi cukup dalam untuk mencapai pulpa dan saraf, dapat menyebabkan infeksi pada akar gigi yang sebagian besar dianggap sebagai bentuk nyeri gigi yang paling parah.

Trauma Pada Gigi

Gigi mungkin merupakan zat yang paling keras dalam tubuh, tetapi mereka tidak sempurna. Trauma pada mulut atau pembusukan gigi yang telah melemahkan integritas gigi dapat mengakibatkan retakan atau gigi patah yang mempengaruhi saraf sensitif di dalamnya yang menyebabkan rasa sakit. Demikian pula, restorasi gigi yang rusak atau tidak pas seperti mahkota atau gigi palsu juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang membuat Anda harus meminum obat pereda nyeri.

Penyakit gusi

Penyakit gusi juga sangat umum dan merupakan hasil dari plak yang menyebar ke jaringan gusi. Bakteri yang ada di plak menciptakan racun yang mengiritasi gusi yang menyebabkan rasa sakit, kemerahan, pendarahan, dan pembengkakan yang menjadi ciri tahap awal penyakit. Dibiarkan berkembang, gusi dapat mulai surut, dan infeksi menyakitkan pada struktur pendukung gigi dan bahkan kehilangan gigi dapat terjadi. Penyakit gusi hanya dapat disembuhkan jika diidentifikasi dan diobati dengan segera.

Impaksi Gigi Bungsu

Gigi bungsu terkenal menyebabkan sakit dan seringnya harus dicabut. Mereka adalah gigi terakhir yang tumbuh, biasanya di akhir usia belasan atau awal dua puluhan. Seringkali tidak ada cukup ruang untuk menampung mereka, yang berarti bahwa mereka mencoba untuk memaksa gigi lain menyingkir saat mereka erupsi. Jika ini tidak cukup menyakitkan, terkadang mereka bisa macet, yang dikenal sebagai impaksi. Gusi di sekitarnya dapat pecah, memungkinkan bakteri untuk mengakses aliran darah dan menyebabkan infeksi yang menyakitkan.

Gejala Terkait Dengan Sakit Gigi

Sakit gigi tidak hanya didefinisikan oleh rasa sakit. Tergantung pada penyebab penyakit gigi Anda, Anda mungkin juga mengalami berbagai gejala lain juga. Ini dapat mencakup:

  • Peradangan pada gusi, wajah dan rahang
  • Gusi surut
  • Bau mulut yang terus-menerus
  • Pengumpulan nanah di sekitar gigi
  • Kerusakan yang jelas pada gigi, seperti retak, pecah atau perubahan warna secara tiba-tiba
  • Sakit di rahang dan wajah
  • Ketidaknyamanan yang membuat Anda terjaga di malam hari
  • Ketidaknyamanan yang diperburuk dengan makan atau minum

Cara Mengobati Sakit Gigi

Untungnya, ada banyak hal berbeda yang dapat Anda lakukan dalam kenyamanan rumah Anda sendiri yang dapat membantu meringankan gejala Anda. Obat nyeri seringkali merupakan rute tercepat untuk meredakan sakit dengan NSAID (dikenal sebagai antiinflamasi nonsteroid seperti asam mefenamat) yang sangat efektif, terutama bila ada rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan. Menghindari makanan dan minuman yang sangat manis, dingin atau panas juga disarankan karena dapat mengiritasi saraf yang terbuka di area pembusukan yang menyebabkan rasa sakit yang sangat tajam dan melemahkan. Kompres panas atau dingin dapat memberikan sedikit kelegaan sementara saat dipegang di sisi wajah tempat gigi yang bermasalah berada.

Kapan Harus Berbicara dengan Dokter Gigi?

Meskipun teknik yang tercantum di atas akan membantu meringankan ketidaknyamanan Anda, mengobati akar penyebab sakit gigi Anda adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan bantuan jangka panjang. Orang terbaik untuk membantu Anda melakukan ini adalah dokter gigi. Mereka akan dapat mengkonfirmasi alasan Anda mengalami rasa sakit dan merekomendasikan perawatan yang paling efektif. Tergantung pada penyebab sakit gigi Anda, ini bisa termasuk:

Sakit gigi dapat dengan cepat membuat hidup sengsara, tetapi untungnya, ada perawatan untuk menyembuhkan penyebab masalah Anda dan memastikan bahwa Anda tidak kesakitan lebih lama dari yang diperlukan. Untuk saran lebih lanjut tentang apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami kerusakan gigi, atau untuk perawatan profesional untuk masalah gigi Anda, jadwalkan janji temu dengan Dokter Gigi Nicholas Vallerian hari ini.

Untuk bertemu dengan Dokter Gigi Nicholas Vallerian dan konsultasi lebih lanjut tentang pilihan perawatan Anda, Anda bisa menghubungi klinik kami di Denpasar, Bali di Whatsapp kami atau klik Link dibawah ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *