6 Tips Mengatasi Gigi Berlubang dan Meningkatkan Kesehatan Gigi

gigi berlubang

Gigi berlubang adalah salah satu masalah gigi yang paling umum. Hal ini terjadi ketika kita gagal menghilangkan plak yang terbentuk pada gigi kita. Plak mengandung bakteri yang menghasilkan asam. Asam inilah yang mengikis email gigi kita yang menyebabkan area pembusukan yang kita sebut gigi berlubang. Jika tidak dirawat, gigi berlubang dapat meluas ke lapisan tengah gigi yang menyebabkan rasa sakit yang parah, infeksi, dan kemungkinan hilangnya gigi Anda. Meskipun beberapa orang lebih berisiko terhadap gigi berlubang daripada yang lain, kabar baiknya adalah bahwa setiap orang dapat mengambil langkah-langkah untuk melindungi gigi mereka.

Apakah Saya Bisa Beresiko Gigi Berlubang?

Ada beberapa faktor yang secara signifikan dapat meningkatkan risiko Anda mendapatkan gigi berlubang. Jika Anda memiliki salah satu dari berikut ini, Anda mungkin lebih mungkin mengalami masalah gigi termasuk area kerusakan pada gigi Anda:

  • Kontrol plak yang buruk
  • Mengkonsumsi makanan atau minuman manis atau asam yang berlebihan
  • Kawat gigi ortodontik atau perawatan aligners bening
  • Gigi rusak Mulut kering

Tanda dan Gejala Kerusakan Gigi

Gigi berlubang dapat menyebabkan gejala yang sangat spesifik. Mengenali ini penting agar Anda dapat menjadwalkan janji temu segera dengan dokter gigi Anda untuk perawatan sebelum gigi lubang dan gejala yang ditimbulkannya memburuk. Beberapa tanda yang harus diwaspadai antara lain: bau mulut, sakit gigi (terutama setelah makan atau minum sesuatu yang panas, dingin atau manis), rasa sakit saat menggigit dan terlihat bintik hitam atau lubang pada gigi Anda. Jika Anda melihat salah satu dari gejala ini, bicarakan dengan dokter gigi Anda untuk menjadwalkan pemeriksaan sesegera mungkin.

Cara Mencegah Gigi Berlubang

Jika Anda belum memiliki gigi lubang, Anda akan ingin melakukan semua yang Anda bisa untuk tetap gigi tersebut sehat. Jika Anda memang memiliki kerusakan gigi, Anda akan senang mengetahui bahwa saran yang sama dapat mencegah gigi lubang Anda memburuk dan menghentikan perkembangan lebih lanjut.

1. Sikat dan Floss Gigi Anda dengan Benar

Salah satu teknik pencegahan gigi berlubang yang terbaik adalah dengan menyikat dan menggunakan benang gigi dengan benar. Kita tahu bahwa gigi berlubang lebih mungkin terjadi jika Anda memiliki kontrol plak yang buruk, dan menyikat gigi serta flossing adalah tindakan yang diperlukan untuk menghilangkan plak dari gigi sebelum bakteri memiliki waktu untuk menghasilkan asam yang menghancurkan email gigi. American Dental Association merekomendasikan menyikat gigi dua kali setiap hari dan flossing setiap hari. Gunakan pasta gigi berfluoride atau pertimbangkan untuk menggunakan perawatan fluoride untuk membantu remineralisasi gigi Anda dan membuatnya lebih kuat dan lebih tahan terhadap kerusakan plak.

2. Hindari Makanan dan Minuman Manis dan Asam

Gula dalam makanan dan minuman yang kita konsumsilah yang menyebabkan bakteri yang ditemukan secara alami di mulut kita melepaskan asam yang menyerang email gigi kita. Sementara itu, makanan dan minuman yang bersifat asam mempercepat proses pengikisan yang membuat gigi kita semakin rentan terhadap kerusakan. Meskipun menyikat gigi dan flossing dirancang untuk menghilangkan plak sebelum hal ini terjadi, menghindari makanan dan minuman yang buruk bagi gigi Anda dapat secara signifikan mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang.

3. Kunyah Permen Karet Bebas Gula

Mengunyah permen karet bebas gula merupakan salah satu kebiasaan yang sangat baik untuk kesehatan mulut dan dapat membantu mencegah gigi berlubang. Ini karena tindakan mengunyah meningkatkan jumlah air liur yang diproduksi tubuh Anda. Ini dapat membantu menetralkan dan membersihkan asam plak sebelum merusak gigi Anda. Pilih permen karet yang bebas gula, dan kunyah setelah makan untuk meminimalkan dampaknya pada produksi plak Anda.

4. Minum Air Lebih Banyak

Minum air sangat bagus untuk gigi dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Sebagian besar air kota mengandung fluoride yang kami tahu dapat membantu menjaga email gigi Anda tetap kuat. Jika Anda lebih suka air kemasan, pilihlah varietas yang mengandung fluoride untuk perlindungan terbaik terhadap gigi berlubang. Air juga merupakan hal tersehat yang dapat Anda minum karena tidak mengandung gula, asam, atau bahkan kalori. Meminumnya dengan makanan Anda akan membantu membersihkan bakteri dan plak. Ini akan membuat gigi Anda terasa lebih segar dan mengurangi risiko pembusukan.

5. Berhenti Merokok

Anda mungkin tahu bahwa merokok membahayakan tubuh Anda, tetapi Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa merokok juga dapat berdampak negatif pada kesehatan mulut Anda. Merokok berdampak pada produksi air liur, membuat Anda lebih mungkin menderita kondisi yang disebut mulut kering. Lingkungan mulut yang kering memungkinkan bakteri berkembang biak. Jika asam plak tidak dibersihkan oleh air liur, gigi berlubang lebih mungkin terbentuk. Berhenti merokok akan bermanfaat bagi kesejahteraan umum Anda dan kesehatan serta kondisi senyum Anda.

6. Kunjungi Dokter Gigi Anda Secara Teratur

Gigi berlubang dapat terjadi kapan saja, tetapi dengan mengunjungi dokter gigi secara teratur, Anda memiliki peluang terbaik untuk memastikan bahwa gigi berlubang itu terlihat lebih awal. Ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan perawatan sebelum gigi berlubang menyebabkan Anda sakit dan menderita atau memerlukan perawatan yang jauh lebih luas. Penting untuk memastikan Anda menghadiri semua janji rutin dengan dokter gigi Anda untuk mencegah gigi berlubang dan masalah gigi lainnya yang melemahkan.

Untuk bertemu dengan Dokter Gigi Nicholas Vallerian dan konsultasi lebih lanjut tentang pilihan perawatan Anda, Anda bisa menghubungi klinik kami di Denpasar, Bali di Whatsapp kami atau klik Link dibawah ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *